WORKSHOP PEMBELAJARAN BERBASIS RAPOR PENDIDIKAN DEWAN GURU SMP SWASTA BINTANG LAUT TELUKDALAM

Untuk meningkatkan kompetensi dan menambah pengalaman bapak ibu guru SMP Swasta Bitang Laut Telukdalam, mengasah keterampilan melalui Pratik langsung dalam menyampikan informasi pengetahuan tentang topik tertentu, berpikir kreatif dalam mengembangkan ide-ide baru, maka sekolah berinisiatif membuat kegiatan Workshop kepada 24 orang bapak-ibu guru dengan Tema “Pembelajaran Berbasis Rapor Pendidikan.” Kegiatan ini berlangsung selama 5 (lima) hari, yakni dari tanggal 17-21 September 2024 yang difasilitasi oleh Riati Hia, S.Pd. sebagai Kepala Sekolah, Berdiana B. Tafona’o, S.Pd. sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan Agustin M. Daeli, S.Pd. sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan.

Dalam sistem ini, rapor tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk mengukur dan melaporkan hasil belajar siswa, tetapi juga sebagai sarana untuk merencanakan dan menyesuaikan strategi pembelajaran. Ada beberapa poin penting mengenai Pembelajaran Berbasis Rapor Pendidikan, yakni:

  1. Feedback dan Evaluasi, yakni umpan balik yang penting bagi siswa, guru, dan orang tua.
  2. Perencanaan Pembelajaran, dimana data dari rapor membantu guru dalam merencanakan dan menyesuaikan metode pengajaran.
  3. Tujuan Pembelajaran, Rapor berbasis pendidikan dapat mencakup tujuan pembelajaran yang jelas.
  4. Pemantauan Kemajuan, Rapor membantu dalam memantau kemajuan belajar siswa dari waktu ke waktu.
  5. Komunikasi, Rapor berfungsi sebagai alat komunikasi antara sekolah dan orang tua.
  6. Penggunaan Data untuk membuat satu Keputusan, Rapor menyediakan data yang bisa digunakan untuk membuat keputusan dan dukungan tambahan yang mungkin diperlukan oleh siswa.

Adapun tujuan dari pembelajaran berbasis rapor pendidikan tersebut adalah:

  1. Menilai Kemajuan Siswa, menggunakan rapor untuk memberikan gambaran yang jelas tentang kemajuan siswa dalam berbagai mata pelajaran. Ini dapat membantu dalam mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan siswa secara lebih terperinci.
  2. Memberikan umpan balik yang konstruktif, umpan balik ini dapat membantu siswa memahami aspek-aspek yang memerlukan perhatian dan perbaikan.
  3. Meningkatkan Perencanaan Pembelajaran hal ini dapat membantu guru dalam merencanakan dan menyesuaikan strategi pengajaran berdasarkan data yang diperoleh dari rapor.
  4. Mengidentifikasi Kebutuhan Siswa, data rapor dapat membantu untuk mengidentifikasi siswa yang memerlukan dukungan tambahan.
  5. Menetapkan Tujuan Pembelajaran yang Jelas dan terukur bagi siswa, sehingga mereka mengetahui apa yang diharapkan dari mereka dan dapat fokus pada pencapaian tujuan tersebut.
  6. Meningkatkan Komunikasi dengan orangtua, rapor sebagai alat untuk berkomunikasi dengan orangtua mengenai perkembangan akademis anak mereka. Ini membantu orang tua dalam memantau kemajuan belajar anak mereka untuk terlibat lebih aktif dalam proses pembelajaran.

Pada acara penutup kepala sekolah menyampaikan bahwa bapak ibu guru terus bersemangat untuk belajar terus menerus untuk menambah pengalaman dan pengetahuan serta meningkatkan kompetensi, membekali diri dalam mendampingi peserta didiknya. (Dismas Ndr.)

Artikel yang Direkomendasikan